Minggu, 18 Desember 2011

rantai 11-11


Rantai 11-11


Rantai 11-11
Bismillah........inilah dia.....akhirnya datang juga, postingan berantai-rantai, yang namanya rantai 11-11, PR dari Putri Cahaya alias k Maya, alias k’ nurmayanti, alias kakak murabbiyah ku yang cantik ini membuatku kepalaku pusing dan tersenyum. Bukan hanya dari putri cahya, pr ini juga diwariskan oleh k’ bianglala Basmah, walah, 2 sekaligus, wkwkwkwk
Apa itu? rantai 11-11, kutukan? Bukan tapi mirip, heehehe peace kak maya (º‚ºV)  k Basmah hanya bercanda. Rantai apa? Entahlah aku tuga tak  terlalu menger. Satu hal yang begitu pasti dari tugas ini....
Ini tugas yang aneh-aneh tapi lucu, tapi menyenangkan, tapi asik, tapi spesial, tapi unik, tapi, tapi,tapi...... dan entah apa istilahnya. Kata Putri Cahaya jawab aja, baiklah.
Tapi kenapa harus 11 yah?? Kenapa nggak 5 atau 8 atau 17 aja(kalo 17 kebanyakan kali yah, kepalaku makin puyeng nanti hehe), wkwkwk, yah sudahlah tidak perlu dipertanyankan. Walah lama yah, kapan nih 11 hal tentang aku, sabar-sabar aku masih mau bercekcok ria dulu. Yang penting “jawab saja”.
Hm.....inilah dia enjoy bacanya yah..selamat membaca uraian yang Gak Jelas dari ku, cahaya pelangi.
11 Hal tentang aku
1.      Tas Pink cokelat, tempat pensil Biru
Inlah dia barang yang selalu kubawa kemana-mana. Dia penggemar setiaku, hehehe, habis selalu ikutin aku sih!  Dia sering menemaniku saat kuabahagia, saat ku tertawa, saat kumenangis fufufufu,heheehe (͜ ᵔᵔ) . tas ini juga multifungsi loh.(ºơ º) Mau tau? Mau tau fungsinya apa aja?  saat dipete-pete dia bisa menjadi sandaran empuk, saat ku kehujanan tas ini bisa jadi payung. Saat aku tidur dikursi tas ini bisa jadi bantal, saat ku dicari orang, orang bisa mengenaliku  dari belakang dengan melihat tas ini hehehe banyakkan fungsinya.     mungkin dia punya segudang cerita bersamaku, (walah sok  ~( ͜ᵔᵔ) ~)
Tempat pensil biru langir ini adalah tempat pensil favoritku, banyak ruangnya, bisa digunakan menyimpan dompet, terlebih lagi warnanya biru, biru adalah warna favoritku. Biru langit, aku nggak perlu cari kemana-mana lagi, warna ini selalu ada dilangit saat pagi hari saat awan gelap tak menutupinya. Tempat pensil ini juga sering kubawa-bawa, dia selalu ada disaat penting, saat tryout, lomba, belajar, ya iyalah diakan selalu menyimpan pulpen, stabilo, pensil dll.

2.      GR
Wow....apanih maksudnya??? ˁºoº˥. Kalian ssendiri apa? Hmm....sebenarnya sih bisa dibilang terkadang aku oranganya ke GR-an. (jadi malu ( ͜ºº˥˥) , tapi apa boleh buat ini fakta tentang aku, hehehe. Harap dimaklumi saja). Heehehehe...huawk...jadi harap yang tahu ini nggak buat aku ke GR-an aja. Aku ngga mau terlalu menyinggungnya terlalu banyak. Aku biasanya GR, kalau orang bilang tentang manis, pasti yang mereka bahas itu aku. Walah GR tingkat tinggi, maklum sok kemanisan .heehe, hihihi, hohhoohoho.

3.      “Si Kecil”
Hmm...di antara keluarga aku, yang paling kecil posturnya, pendek yah siapa lagi kalau bukan aku. ƪׂ×ƪ Bahkan adikku yang masih kelas IV SD sudah sama tinggi denganku, wah jadi heran deh keluargaku yang mana kakak, dan adik.heehehehe, kalau aku dibilang adik sih, sebenarnya nggak papa, kesannyakan lebih muda geto.

4.      Laptopku
Kalau nggak ada kerjaan, yah suka kotak katik file dilaptopku. Laptopku pernah jatuh, huawk (׳º׳Δ׳º׳)˩. Hmhmhm, kena marah langsung, semprot mengarah ke wajahku yang murung (º×º) aku tak dapat berkata-kata . seolah tubuh ini mengecil (hhahaha lebay). Untungnya laptopku masih bisa hidup, tapi sayangnya suaranya tak bisa diselamatkan, dia bisu, oh tidak....jangan.... (ºΔº). Nggak bisa nonton film dari laptop ini lagi huawk..huawk..huawk....tapi alhamdulillah, masih banyak yang dapat kulakukan dengan laptop ini. oh iya, perkenalkan nama laptopku “Arini”. Arini said :nice to meet you. Di depan laptop ini ada tulisan Toshiba, jubel, seventeenagers, dan tempelan kecil naruto. Yang membuat warna ngejreng sedikit pada background yang hitam.

5.      Ge Je sifatnya
Ga jelas. Hmm...wkwkwk. kenapa yah? Aku sadar  kok kalau sifat aku itu sering banget berubah, sebentar cerah, nanti mendung, lalu kembali lagi gerimis tapi aku lebih suka pelangi, (apa prediksi cuaca kali yah? Hehe ^,^). Maksudnya, sebentar aku ceriah banget, selanjutnya karena udah tak ada kabar ceriah, raut wajahku jadi tenang. Tak lama kemudian ulangan matematika datang. Huawk....remid (T_T). Raut wajahku jadi mendung deh. Jadi tiap harinya itu kayak nano-nano.

6.      Hujan
Aku suka banget liatin hujan, apa lagi bertahun-tahun yang lalu aku suka main hujan-hujanan bersama teman SD ku. Enak banget tuh yah kalau lagi hujan kita tidur, waduh sejuk dan nyeyangk deh pokoknya. Tapi, sekarang aku udah nggak berani lagi main hujan, karena besoknya pasti hachiiing....bbbeerrrr.. terus aku tambah dibilangi anak TK deh sama teman-temanku (͜ ᵔᵔ)

7.      “Anak TK”
Heits kalau dengar kata diatas, kalian berpikir tentang apa hayo.... (o,O) di sekolah aku dapat julukan Anak TK. Gara-gara tulisan aku yang cantik hehehe (maksudnya kebalikannya dari cantik). Hmm...kalau temanku liat buku catatan aku, mereka samakan dengan buku catatan anak TK. Enak saja! Itu nggak benar (walah sok)....tapi memang benar sih aku sendiri bingung baca catatanku. Tapi sudah lah tak usah dibahas.. ƪƪº×º.

8.      Coklat
Wah...ini dia cemilan yang enak banget. Kalau aku lagi marah, aku pasti makan cokelat. Kalau aku lagi sedih dan galau juga makan cokelat. Udah kebiasaan kali yah, jadi suka makan cokelat.  Tapi beberapa tempo hari lalu gigi aku sakit banget gara-gara cokelat, huawk....sampe-sampe aku ngga mau makan, saking sakitnya, ngga tau berapa kali aku bolak balik masuk kamar mandi buat sikat gigi, sapa tau dengan sikat gigi sakitnya bisa reda waktu itu. tentang skandal ini jadi malu ˩ ͜ᵔᵔ˥. Keep secret aja deh...

9.      Sakit perut
Hmm....ngga tau kenapa yah, kalau aku makan disekolah perut aku sering sakit, tapi kalau ngga makan perut aku sakit juga, ngek.. Jadi kalau aku kesekolah lebih milih makan snack aja, pulang sekolah baru makan berat. ƪºΔº˥.

10.  Biology lovers
Aku suka sama pelajaran biology, suka banget ˥(*,*)˥. Ngga tau kalau aku belajar biology serasa belajar sesuatu tentang diri kita sendiri dan lebih dekat dengan alam (jiah....sok).

11.  “Spirit!!Ganbatte!!Semangat!!”
Hmm..aku selalu bilang swemangat sama orang lain terutama pada diri aku sendiri. Semangat, kata itu sangat sering kukatakan jika aku ulangan, kata itu sering kukatakan jika aku sedang down, setidaknya kata itu memberi sedikit spirit. Selain itu, bukan hanya kata semgangat yang membuatku semangat tapi Bismillahir rahmaanir rahim dan Do’a, kalau lagi ulangan tuh! Dan udah ngga tau harus begaimana bergeraknya dan mengisi ulangan, hal yang sering kulakukan adalah menutup mata baca bismillah, do’a lalu bilang semangat. “SEMANGAT, ANNA”   terkadang kata ini didengar oleh guruku kalau kita ulangan, karena aku duduk dekat banget dengan guruku, paling depan samping guru.

Gimana, maaf yah kalau ongol-ongol. Maklum emang ongol sih!! Hihehihehihehiheee (ketawa versi baru ^^, coba kalian praktekkan pasti lucu,,,ºơº). Maaf juga kalau jayus, karena emang jayus....

11 Pertanyaan untuk Teman Blogger ~
  1. Tuliskan tiga kata tentang aku!
Cahaya, Cantik, Menyenangkan, k’ May udah tiga katakan ƪ ҇  ơ  ҇ ˥ hehehehe.
  1. Jika kamu diberi kesempatan untuk mengambil apapun dariku, apa yang akan kamu ambil?
Apa di’, k’ May knpa aneh-aneh pertanyaan ta’, wkwkwkwkk ˥(*,*)˥. Hmmhmhmhmh, entahlah aku pengen ngambil em.....em.....em.... (penasaran yah, tunggu emmm...yang selanjutnya)
Em.....
Em.....
Em.... (maaf kelamaan nggak tahu apa)
Em...
Em..
Em... (jangan marah yah k’ May)
Em.....
Pengen ambil gantungan kunci k’ maya saja deh, kalau ada aku kan suka banget  koleksi gantungan kunci (walah ternyata jawabannya Cuma ini wkwkwk, peace k’ May)
  1. Apa aku sudah pernah melakukan sesuatu untukmu?
Banyak, k’ buanyak banget....(>,<)kakak ajarin aku, ƪ(ºơº)˥ kakk sering menjawab tanyaku,( ͜º º ) tersenyum, mendengarkan curhatku, etc.
  1. Apa target utamamu di tahun 2012 mendatang InsyaAllah?
Pengen menjadi Anna yang lebih baik, lebih saleh, lebih belajar untuk husnuzzan, sabar, lebih kalem, dan lebih cerdas dalam hal agama dan lainnya.
  1. Benda apa yang kamu inginkan -harganya murah- tetapi kamu belum memilikinya?
Entahlah buku catatan kecil, untuk mengtur jadwal mungkin
  1. Apakah kamu ingin bertemu denganku?
Bangets.......aku sangat teramat merindukan cahaya emas sekali (nggak efektif banget yah kalimatnya, kalau ada ibu Sumi dikasih nol pasti). K’ kapan kita bisa ketemu, semoga Allah cepat mempertemukan kita. aamiin
  1. Apa penyesalan terbesar dalam hidupmu?
Ketika mengetahui sesuatu yang buruk untuk diriku lantas aku masih mengerjakannya.
  1. Mau ditraktir makan apa?
Makan bakso
  1. Jika aku menghilang, apa yang akan kamu lakukan?
Hal yang pertama kulakukan adalah berdo’a pada Allah semoga k’ Maya kembali, kedua menangis, menangis, menangis sampai banjir satu kampung (hehehehe lebay) ketiga mencari cahaya emasku k’ maya  aku ingin terus mencarinya hingga ia kembali (hehehe alay) uhibbukifillah k’ May. K’ kenapa pertanyaan ta seperti ini, bikin khaawatir aja....nggak ada apa-apakan k’ May?
  1. Apa kamu mau membeli bukuku?
Iya insya Allah kalau aku punya uang
  1. Pernahkah terpikir untuk mendonorkan organ tubuhmu ketika kamu meninggal?
Aku ingin melakukannya, insya Allah. Dan semoga ketika aku mendonorkan organ tubuhku, orang itu dapat memanfaatkannya dengan baik

  
Pertanyaan k’ Basmah
1. Bagaimana kabarmu hari ini?
Alhamdulillah bi khoir k’ ƪ(^,^)ʃ
2.    Menurutmu, termasuk tipe apakah aku dan berikan alasannya? (Koleris/Sanguinis/Melankolis/Plegmatis)
Hm....hm....hm....melankolis deh kayaknya, hehehe
3.    Apa yang ingin kamu berikan di hari bahagiaku (baca: Pernikahan)?
Buku cantik dan indah, entahlah aku suka sama buku tulis cantik dan indah jadi nanti aku mau kasih orang juga buku cantik dan indah
4.    Alasan apa yang membuatmu ingin bertemu denganku?
Hm...rindu,rindu, rindu
5.    Jika kamu diberi kesempatan untuk membahagiakan seseorang sepenuhnya, siapakah orang itu?
Ibuku dan ayahku
6.    Apakah kamu begitu menikmati masa-masa sekolah?
Yah gitu deh k’, nikmati aja, Cuma kada kecekek sama tugas pak Safar yg masya Allah banyaknya,..
7.    Jika suatu hari nanti kamu dipertemukan dengan seorang guru SD yang pernah bersikap tidak menyenangkan hati, apa yang kamu lakukan?
Devil version: Hehehe pertama, aku akan senyum,senyum ngaak jelas. Kalau dia nggak kenal aku, mendingan nggak usah disapa (hahahaha) lalu lari... ƪºơº˩. kalau dia kenal aku, yah tentunya disapa, masang tampang senyum, senyum angelic geto...hehehehe ini devil version yang nggak bakalan aku lakuin Cuma mau tulis-tulis aja.
Anna version:pertama, aku senyum, menyapa “ibu, ini anna. Apa kabar,bu?” ucapku. Terus ibu gurunya bilang “anna yang mana yah?” jgerrr..wadowh..aku sudah dilupakan. Terus aku jawab lagi “ini bu alumni SD dulu” lalu ibu itu menjawab lagi “oh..iya sekarang ibu ingat” tapi pasti ingatannya samar-samar.(º‚º) tapi biarlah. Langkah kedua aku mencoba untuk melupakannya, anggap saja nggak pernah terjadi apa-apa.

8.    Apakah kamu ingin terlibat dalam cerita di blogku?
Iya eh...tidak....eh..tergantung ceritanya apa dulu jika dikisahkan aku sebagai tokoh yang tergolong protagonis, mau bangets. Tapi jika aku tergolong tokoh yang antagonis, mendingan di ganti aja tokohnya, hehehehe peace k’ basma    (҇  ҇ ҇ V)
9.    Apa bunyi sms mu terhadapku jika mendengar berita aku jatuh cinta pada seseorang?
Entahlah.....mungkin ini “k’ basmah siapa dia? Ciecie semoga Allah membuat kalian berjodoh lalu menikah,aamiin”heeeeehehehehee
10.  Hal apa yang tersulit ketika kamu menghadapiku?
Tidak tersenyum, ketika aku bertemu k’ Basmah lalu tidak tersenyum aneh bangets rasanya
11.   Sifat buruk apa yang ingin kamu musnahkan dalam dirimu? Gak jelas, panikan, GR

11 Hal yang ingin kutanyakan
1.      Jika aku adalah benda, kamu mengasumsikan aku seperti benda apa? Kenapa?
2.      Menurutmu kenapa nama blogku cahaya pelangi, kenapa nggak biru langit aja?
3.      Kenapa orang gila dikasih nama orang gila yah? (pertanyaan apa ini!! ƪ ҇ơ  ҇)˥ nggak usah protes jawab aja)
4.      Apa hal terindah dalam hidupmu? Jelaskan! (kayak kasih soal aja)
5.      Ibu, ibu, ibu bagaimana kabar ibu kalian? Salam yah, apakah kalian sudah membuat ibu kalian bahagia hari ini?
6.       Ayah,bahaimana kabar ayah kalian?  Salam buat beliau, apakah hari ini kalian sudah membuatnya bahagia?
7.      Kegalauan yang nggak bisa kalian lupakan apa sih?
8.      Apakah kalian punya lesung pipi?
9.      Gimana kabar kalian?
10.  Kalian suka cemilan apa? Kenapa?
11.  Siapa inspirator terbesar di hidupmu? Kenapa?

Kerjakan pr ini yah....
1.      Nurfitrahmagfirah-daun cinta
2.      Andisa fadhilah-Awan putih
3. K' Maya- kamilau cahaya emas
4. k' Basmah-bianglala Basmah
5. K' Aisyah-bias pelangi
6.Everything you need



15 komentar:

  1. haha.. masya Allah ya Anna..
    jawabanku untuk pertanyaan kenapa anna kasih nama blog cahaya pelangi :
    "karena anna begitu mencintai kak maya dan aku" wkwkwk.. pede banget yah..

    karena anna lebih cocok jadi pelangi.. anna ceria, banyak warna nya :D

    BalasHapus
  2. Aku datang..

    1. Mau dong tempat pensil birunyaaa.. :)) #maklum
    2. GR? ~ekspresinya mmang mnunjukkan sperti itu, tp sy suka liat wajahnya adikku ini.. masyaAllah.. lucu..^^
    3. ~Kecil-kecil tp cabe rawit kan? hihi..
    4. Wuah, sama kayaknya laptopku.. udah ada namanya blum? hihi.. nanti sy kenalin dg laptop sy si Afkaar.. :)
    5. Hm.. sy rasa adikku ini si wajah yg diam-diam tp mnghanyutkan.. :D
    6. kita sama-sama suka hujan.. dan selalu terhanyut di sela-sela rintikannya..
    7. Hihi... Adikku ini memang terlihat seperti anak TK.. apalagi wajah yg sangat mendukung.. tp masalah tulisan? O.o wew.. jd penasaran..
    8. Oh, jadi anna suka cokelat? lain kali klw ke jubel insyaAllah d bawain cokelat deeh.. ^^ tp klw sakit gigi, ke dokter ya.. :D
    9. Duh, adikku.. Jg kesehatan ya.. Baiknya makan yg sehat, hindari yg snack-snack..
    10. MasyaAllah, bisa masuk kedokteran deh.. Niat kesana kan? ~pastinya..
    11. Ganbatte ne, Anna chan.. Xixixi.. Sy jd pengen liat gimana ekspresi anna klw suka nyemangatin diri dan org lain. ^^
    ____________________________________________

    1. Alhamdulillah, sy jg senang bs tau kabar adikku ini baik-baik saja..^^
    2. Hm, sepertinya begitu.. Iih,, adikku ini kok tau?
    3. Kebetulan banget, dek.. Sy suka buku tulis cantik nan indah.. ^^ hihi
    4.Benar adikku, sy sangat rindu.. apalagi liat anna senyum, diam-diamya.. polos yg merindukan..
    5.Jawaban yg sama pada kebanyakan orang, dan itu adalah wajar..
    6. Sy ngerti gimana kelas XI.. pasti sibuk ma tugas karya ilmiahnya ya?
    7. Haha.. bisa dicoba devil versionnya..
    8.InsyaAllah yg protagonis dong adikku sayang.. dan tentunya setiap cerita yg memuat keterlibatan seseorang pasti akan dikonfirmasi kpd yg bersangkutan..
    9. Haha.. :) ~pertanyaan yg kurang kerjaan sih, tp semoga itu gk terjadi adikku..
    10. Hm.. Rata-rata pd bilang begitu.. Waduh, sy harus tersenyum terus klw gini.. ~gak apalah, demi orang-org yg memang pantas senyumku.. hihi.. :))
    11. Panikan jg ternyata ya.. Sy pikir anna tipe yg cool.. Oh, no!! salah duga saya.. O.o

    ______________________________________

    Karena udah mngerjakan tugas yg baik, maka akan kuberi nilai: 100 plus ***** (itu gambar 5 bintang ya..) hihihi..

    dari: Bu Guru
    Nice post, and keep do homework.. :))

    BalasHapus
  3. yayaya...jawaban k' Aisyah benar....^^, aku sayang sma K' Maya n K' Aisyah.....hehehe
    k' Basmah, sik aku dapat skor 100, makasih bu guru cantik

    BalasHapus
  4. k' basmah tentang pertanyaan kk no 2, aku tau karena apa yah?(>,<)' sepertinya karena tulisan k' yang terlihat melankolis hehehehe dan ada unsur tebak-tebakan sedikit, dan ternyata tebakannya benar..heheheheƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ

    BalasHapus
  5. k' aisyah, K' Basmah rinduka sebenarnya, kpan kita ketemu???

    BalasHapus
  6. rinduka juga anna sayang.. :)
    insya Allah kapan-kapan kita ketemu lagi ;D

    BalasHapus
  7. hehehehe...okk k'
    k' jawabki pertanyaanku nah,hehehehe ^,^

    BalasHapus
  8. Bismillah

    adikku, kakak datang =D
    maaf ya, agak telat *macet, hihihihihi

    kutukan :p tapi suka kan? ahahahaha
    ehem.. kakak mulai menilai yaaa~

    ~ 11 Hal Tentang Anna ~
    1. waahhhh~ aku tahuuu ^^ semoga bisa menjadi saksi untuk kegiatan Anna yang penuh berkah dan manfaat ya
    2. GR atau sok kemanisan nih, hihihihihi :p asal kadarnya jangan banyak-banyak yaaa ^^
    3. hahahaha, tak apa~ Aku lebih mudah memelukmu :)
    4. Ohhh, arini ya? salam kenal ^^ salam kenal~ aku baru tahu ;) artinya apa?
    5. Waddduuuuhhh x_x harus bisa di-perjelas sedikit demi sedikit yaaa ^^
    6. Hahaha, mau tidak kita berjalan bersama di hujan? *kakak juga suka hujan~
    7. anak TK? lucunyaaaa~ fufufufu, yang penting Anna paham dengan apa yang ditulis yaaa :)
    8. wuaaaaaa, coklat coklat coklat <3 manissss... sukaaa jugaaa~
    9. apa kena maag, adikku?
    10. semangat ya biologinya, adikku..!! kakak dukung :)
    11. Anna, semangat!!

    \(^-^)/
    apanya yang ongol? enggak tuh~
    kakak sukaaa :)
    hihihi

    BalasHapus
  9. Lanjut yaaa~

    ~ 11 Jawaban Pertanyaan dari Kakak ~
    1. Subhanallah... cahaya cantik yang menyenangkan (•ˆ⌣ˆ•) *maluuu
    2. hahaha, kaget.. kakak kira apaaa... bolehh.. mau yang mana adikku?
    3. (•ˆ⌣ˆ•) masyaAllah.. masih kurang deh itu, Anna~ Kakak mau melakukan lebih banyak lagi untuk Anna..
    4. InsyaAllah... Aamiin Yaa Rabb.. Ayo, diwujudkan yaaa :) fight! semangat!
    5. small notes ya? hmmm... hmm...
    6. rindu. sangat rindu. sangat sangat rindu. Ya Allah, semoga Allah segera mempertemukan kita.
    7. :( semoga bisa jadi pembelajaran untuk tidak melakukannya lagi ya adikku
    8. ok, InsyaAllah. Kapan?
    9. Ya Allah.. Anna.. Anna.. Annaa... jadi semakin ingin bertemu.. Ahabbakalladzi ahbab tani lahu <3
    10. InsyaAllah.. tapi mungkin lumayan mahal..
    11. InsyaAllah~ semoga bermanfaat..

    -----------------------------------

    untuk pertanyaannya, kakak akan jawab di blog kakak saja yaaa, adikku..
    nantikan saja :) InsyaAllah

    (•ˆ⌣ˆ•)
    yaaahhhh~ akhirnya selesai juga diperiksaa
    saatnya memberi nilai

    penilaian :
    1 0 0

    alasan :
    Subhanallah

    tertanda :
    bu guru

    BalasHapus
  10. alhamdulillah yei...yei...yeii....dapat skor 100 dari dua bu guru ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ

    BalasHapus
  11. wah 4 orangmi kasika pr.. hahaha..

    BalasHapus
  12. kan udah bulan 12, masih ada pr 11 toh, napa banyak yang suka hujan ya?

    BalasHapus
  13. untuk ukhtifillahku, fira. siapa suruh kerja lama-lama +_+!wkwkwkwkwk...hehehehe...bercanda fira.semangat yah, jadi nggak sabar nih....hehehe SEMANGAT ^_^

    BalasHapus
  14. rusydi, iya masih berlanjut kan berantai jadi menjerat banyak korban hehehehe ^^,
    hujan itu, gimana yah? hujan itu indah, hujan itu menyenangkan dan sesuatu banget gitu (walah sok) heehe

    BalasHapus